RSS Feed
Dunia Anak Kita
image

Indah Setyowati

image
Artikel Terbaru
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

Bila Anak Mogok Sekolah

Bersekolah harusnya merupakan hal yang menyenangkan buat anak kita, karena dengan begitu ia bisa bermain dengan teman-temannya dan mempelajari hal-hal yang baru. Namun kadangkala kita temui anak kita tiba-tiba mogok sekolah tanpa alasan yang kita ketahui. Untuk itu kita perlu mengetahui kenapa ia bersikap demikian, dan bagaimana cara mengatasinya.

Anak yang baru bersekolah sudah mulai bisa mengembangkan perasaan positif dan negatif baik terhadap dirinya sendiri maupun terhadap lingkungan sekitarnya. Maka dari itu apabila anak kita tiba-tiba mogok sekolah, maka wajib bagi para orang tua untuk mengetahui sebabnya dan mengatasinya, jika tidak, sangat mungkin anak akan tumbuh menjadi pribadi yang minder dan kurang percaya diri.

Hal yang bisa dilakukan :

1. Mengamati kejadian di sekolah. Dalam hal ini diperlukan kerjasama dengan pihak sekolah. Untuk mencegah terjadinya kekerasan fisik (apabila ada).

2. Ajak anak bercerita tentang sesuatu yang berhubungan dengan sekolah. Sehingga orang tua mendapatkan informasi mengapa dia dipukul temannya.

3. Ajarkan juga anak bagaimana sebaiknya dia bersikap jika ada temannya yang memukul dan apa yang harus dilakukannya.

4. Bangkitkan semangatnya untuk tetap sekolah. Jelaskan, sekolah adalah tempat yang menyenangkan, banyak hal yang bisa dilakukan dan didapat dari sekolah. Hal ini dapat melalui media cerita, buku, gambar dan sebagainya.

5. Gali bakat anak dengan mengetahui kelebihan yang dimilikinya. Masukan dia ke kegiatan yang dia sukai misalkan les gambar, musik, renang dan lainnya. Dengan menguasai suatu keterampilan tertentu, diharapkan rasa percaya dirinya tumbuh, dia merasa bahwa dirinya mampu, berharga.

Selain hal-hal diatas, penting bagi orang tua untk membangun komunikasi yang intens dengan anak, agar anak dapat lebih terbuka dan dengan mudah menyampaikan pikiran, perasaan, dan ide-idenya. (Sumber: Tabloid Mom and Kiddie)

Sat, 29 Oct 2011 @14:05


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar