RSS Feed
Dunia Anak Kita
image

Indah Setyowati

image
Artikel Terbaru
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

Bijak Pahami Kemampuan Si Kecil


Kemampuan setiap anak berbeda-beda karena anak adalah pribadi yang unik. Maka dari itu orang tua dituntut untuk bijak dalam memahami kemampuan si kecil. Yang bisa dilakukan dengan cara :


Konsep berpikir terbuka

Open minded ! Yup, itulah jawaban yang cocok diutarakan. Open minded adalah konsep berpikir terbuka untuk segala sesuatu yang sifatnya positif, baik untuk sang ibu maupun si kecil. Bayangkan jika open minded merupakan sebuah pintu yang apa pun bisa masuk, namun Moms tetap harus bisa menyaring mana yang boleh masuk dan mana yang tidak dari pintu tersebut.

Jangan lupa Moms ! Setiap anak adalah individual yang unik dan memenuhi tonggak perkembangan dengan kemampuan mereka masing-masing. Jadi jangan langsung panik bila si kecil tidak atau belum sama kemampuannya dengan anak sebayanya.

Lakukan sedini mungkin

Dalam segala situasi dan kondisi diperlukan konsep berpikir open minded (terbuka) karena bisa menerima hal positif sedini mungkin. Ketika Moms melakukan open minded, secara tidak langsung pola pikir tersebut diturunkan kepada si kecil.

Stop berlaku negatif!


Ketika mendengar kritikan atau komentar pedas tentang si kecil, tak jarang emosi Moms langsung meninggi. Namun jangan sampai Anda ikut menyalahkan si buah hati, misal “Kamu kok nggak tahu bahasa Inggrisnya itu apa, kayak Doni dong pinter!” atau “Gimana sih kamu, masak hitung begitu aja nggak bisa!”

Kondisi ini justru membuat si kecil lebih malu, kepercayaan dirinya turun dan akhirnya semakin tidak percaya diri. Sangat disayangkan jika Moms hanya terpaku pada perilaku yang salah saja dan tidak melihat hikmah atau penyebabnya.

‘Melek’ informasi

Salah satu cara efektif mengembangkan open minded yaitu membaca banyak informasi dan tetap berikan keleluasaan si kecil untuk melakukan berbagai kegiatan atau aktivitas bersama semua temannya. Berbekal banyak informasi membuat Moms jadi lebih tahu tentang si kecil loh.

(Sumber: Tabloid Mom & Kiddie)

 

 

Sun, 11 Dec 2011 @00:01


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar